Friday, March 21, 2014

Behind The Scene Making Handmade Birthday Card from Paper

Hola, everyone :)

Life is beautiful when we can give thanks for it. Isn't right?

Dan itu sebabnya lebih dari kado apapun di dunia ini, jauh lebih indah ketika kita bisa membuat seseorang bersyukur atas kehidupan yang dimilikinya saat ia sedang berulang tahun. Why? Karena ada banyak banget orang-orang yang saat ultah hanya berpikir tentang cake, gift, surprise, dinner dan sesuatu yang bersifat sementara. But, seringkali setelah ulang tahunnya selesai, kebahagiaan itu ikut memudar.

Yeah, itu sebabnya jangan hanya berikan sesuatu yang akan terlupakan begitu saja dan tidak mengubah kehidupan seseorang, but mulailah memberikan sesuatu yang menyentuh kehidupan seseorang, yang membuatnya bersyukur atas kehidupan yang ia miliki.

Dan edisi kali ini +Talking Card mau berbagi sedikit kisah dari pembuatan sebuah kartu ulang tahun yang dipesan oleh seseorang di Jogja. Gift khusus yang dibuat seorang kakak buat adik tercintanya. Demi menjadikan sebuah kartu yang sangat spesial ini @TalkingCard membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam mulai dari memikirkan desain, mengonsepnya, pemilihan bahan sampai dengan pengerjaannya. Very special birthday card :)

Making Handmade Birthday Card from Ordinary Paper

Bahan yang dipakai untuk pembuatan kartu ini adalah karton kaku (biasa dijual di toko karpet, toko buku, etc). Dan karton ini dibentuk jadi frame tentu saja :) Untuk ukuran saya memilih 13x17cm.

TIPS : Pilih kertas karton dengan ketebalan yang lumayan yah, jangan terlalu tipis karena kalo dijadikan frame bakal melengkung dan hasilnya gag maksimal :)

Kemudian kertas yang saya pakai untuk melapisi kertas karton kaku ini adalah kertas tissue tekstur (bisa didapatkan di toko buku terdekat). Berhubung yang ulang tahun suka banget warna biru, biru otomatis menjadi pilihan saya. Berikut ini penampakan awal mula pembuatan special birthday card ini :

Ordinary Paper for Handmade Birthday Card

Selanjutnya tinggal lem sana sini supaya membentuk frame, kawand-kawand.

TIPS : Saat pengeleman kertas tipis seperti kertas tissue, mohon berhati-hati yah kawand karena kertas jenis gini gampang robeknya.

Setelah itu saya mulai memilih kertas origami berwarna pink sebagai alas dan mulai deh saya berkreasi dengan pernak-pernik yang saya miliki. Saya bukain dulu yah beberapa pernak-pernik yang saya miliki saat ini :

Stuff Box for Crafting

TIPS : Pemilihan tempat asesoris itu sangat penting. Jadi pastika kita memilih tempat yang benar-benar efektif menampung semua pernak-pernik keperluan crafting, sehingga saat kita memerlukannya kita gag perlu repot kebingungan. Dan dilihat pun tampak cantik ^^

Kali ini saya memilih memakai asesoris dari clay berbentuk wanita dan pria. Si wantia menggambarkan adik cewe yang lagi ultah, si cowo menggambarkan si kakak cowo yang pesen ini kartu. Tidak lupa saya juga nambahin menara eiffel karena nendang banget menurut saya. Saya juga memilih beberapa asesoris kayu berbentuk kupu-kupu untuk penghias.

Yang utama tentu saja pemilihan kata-kata spesial untuk membuat si adik mengerti betapa hidupnya sangat berarti. Itu sebabnya saya pilihkan satu kalimat spesial khusus untuk dirinya. Dan yang unik saya tambahkan sepasang kertas sandal (yang saya print sendiri) untuk tag pemberi dan penerima kartu. Sentuhan terakhirnya tentu saja pemakaian barang bekas, karena @TalkingCard always support Go Green. Kali ini barang bekas yang dipakai adalah sebuah pita biru usang bekas jepit rambut saya semasa kuliah dulu. Plus satu kupu-kupu kertas bekas kartu jaman saya masih kuliah juga.

Dan inilah hasil akhirnya dari proses tersebut, guys :

Eiffel Handmade Birthday Card

Yah begitu deh sedikit sharing tentang bagaimana kita bisa mengubah kertas yang biasa banget menjadi sesuatu yang berarti banget and bisa ngubahin cara pandang seseorang terhadap dirinya dan masa depannya. So, mulai sekarang yuk jangan asal kasih kado, tapi pastikan kita memberikan sesuatu yang akan membuat seseorang mengerti betul betapa dirinya sangat berarti.

Happy crafting day ^^

Regards,

+Rosalina Omega






2 comments:

  1. Ditunngu tutorialnya di youtube kak :D

    ReplyDelete
  2. Ahahha amin amin, soon yak :D Ditunggu juga tutorial cookingnya yah ~(*-*)~

    ReplyDelete